Senin, 05 Desember 2011

Pengenalan Internet dan Sejarahnya



Saat ini pengguna internet di dunia semakin membludak, kompleksitas system yang di tawarkan membuat internet dapat membantu pekerjaan  dan menjadikan hiburan. Terlebih saat ini sarana untuk terhubung ke internet sangat mudah didapatkan dan harganya terjangkau. Internet merupakan kepanjangan dari interconnected networking yang berarti  jaringan – jaringan  computer yang terhubung dari seluruh dunia dalam sebuah system komunikasi global.
Sejarah Internet
Departemen Pertahanan Amerika membuat jaringan computer dengan proyek ARPA  yang disebut ARPANET, mereka memperkenalkan  hardware dan software berbasis UNIX yang dapat melakukan komunikasi jarak yang tidak terbatas melalui saluran telepon ( phone line ), yang akhirnya standar Yng ditentukan menjadi cikal bakal pembentukan protocol beru yang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol / Internet Protocol).
Tujuan awal dibangunnya proyek tersebut untuk keperluan militer.  Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat membuat jaringan computer yang tersebar dengan menghubungkan computer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah saat terjadi seerangkan nuklir.
Mulanya ARPANET menghubunkan 4 buah siyus saja, tak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, hingga ARPANET kesulitan untuk mengaturnya. Oleh karena itu ARPANET dibagi menjadi dua, yaitu MILNET untuk keperluan militer dan ARPANET yang lebih kecil untuk keperluan non-militer. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet yang disingkat menjadi Internet
Fasilitas Yang Ditawarkan Internet
1.  Browsing
Fasilitas ini berfungsi untuk menampilkan halaman web, perangkat lunak yang dipakai untuk meakai fasilitas tersebut adalah browser. Browser berkomunikasi dengan web server melalui protocol HTTP, yang membaca dan menterjemahkan bahasa HTML dan data gambar secara visual sehingga  informasi yang ada dapat dibaca.
2.  Email
Email merupakan singkatan dari Electronic mailyang fungsinya sama yaitu mengirim surat / pesan ke alamat yang ditju, tetapi dengan media internet. Melalui internet, para pengguna dapat mengirim berita, gambar atau data pada rekan – rekanna atau menjawab surat yang ditujukan kepadanya.
3.  Chatting
Chatting merupakan percakapan dengan menuliskan kata-kata dan memakai computer yang terhubung ke internet secara bersamaan. Software yang digunakan untuk chatting adalah Yahoo Messenger, AOL, MSN, ICQ, IRC dan lain – lain
Referensi :
Prihatna, Henky., “Kiat Praktis Menjadi Web Master Professional”, Elex Media Komputindo, Jakarta, 2005

Tidak ada komentar:

Posting Komentar