Senin, 05 Desember 2011

Dampak Positif dan Negatif Dari Internet


Dunia Internet sudah tidak asing lagi bagi masyarakat, dalam aktivitas sehari – hari, internet tidak pernah lepas dari kebutuhan dan penunjang setiap aktivitas / pekerjaan. Selain membantu menyelesaikan dan memudahkan pekerjaan, internet pun dapat menjadi solusi hiburan untuk anak – anak dan remaja saat ini, berbagai  konten tersebar luas di website, seperti foto, video, games, dan lain- lain.
Di era globalisasi ini, internet sangat mudah dijumpai, di setiap jalan dan perumahan, terdapat warnet,  dan bila ingin punya akses internet sendiri, tinggal membeli modem yang sekarang bentuknya seperti flashdisk dan harganya semakin murah. Dengan perkembangan internet yang semakin pesat, berbagai dampak positif pun muncul, diantaranya :
1.  Transaksi Jual – Beli Tanpa Tatap Muka
Pembeli memilih barang yang diinginkan di sebuah website, dan pembayarannya hanya Memasukkan identitas dari kartu kredit, setelah itu pembeli tinggal menunggu pengiriman barang, dengan begitu waktu yang digunakan bias efisien Karena tidak usah repot pergi ke toko
2.  Komunikasi Jarak Jauh Via Text, Suara, dan Video
Dengan email, pengguna dapat mengirim surat / pesan yang berisi bergagai file langsung dan sampai saat itu juga, kemudian dengan bantuan software pengguna dapat berinteraksi langsung tanpa harus bertatap muka.
3.  Multimedia Penuh Hiburan
Internet menyajikan berbagai hiburan yang tak akan membosankan, dengan fasilitas yang up to date, pengguna dapat mengakses berbagai macam konten seperti Foto – Foto , Video, Games, dan Social Networking
4.  Akses Informasi Tanpa Batas
Khususnya kepada pelajar, internet dapat dijadikan sarana penunjang belajar, para siswa dapat menggali informasi lebih banyak, dan sesuai yang mreka inginkan tanpa harus membuka buku.
Disamping dampak positif, terdapat pula dampak Negatifnya, diantaranya :
1.  Ketergantungan dan Kecanduan
Internet dapat menjadikan segalanya mudah, karena kelebihan inilah dapat membuat pengguna menjadi malas, serta menjadi candu dalam kehidupan sehari – hari, contohnya ketagihan Online Games.
2.  Menjadi Anti Sosial
Dengan fasilitas Social Networking yang memungkinkan pengguna dapat mengobrol langsung tanpa tatap muka, menjadi gagasan pada pengguna bahwa chatting lebih praktis disbanding bersosialisasi langsung di tempat.
3.  Pencurian Data
Biasanya dilakukan oleh hacker, dengan memanfaatkan kelemahan fitur FTP ( File Transfer protocol ), sehingga data yang dienkripsi tersebut dapat diambil paksa.
4.  Pornografi
Mudahnya konten yang diakses dan disebar, menjadi disalahgunakannnya kemudahan internet, hingga anak dibaah umur pun bisa mengaksesnya.
Perlu diketahui bahwa kesadaran dari diri sendiri untuk menghindari dampak negatif dari internet, serta memanfaatkan internet pada tempatnya menjadikan internet sebagai sesuatu yang bernilai dan ber citra positif

Referansi :
http://chuzblog.blogspot.com/2011/07/manfaat-internet-bagi-pelajar.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar