Senin, 05 Desember 2011

Pentingnya Humaniora

Humaniora adalah ilmu yang membuat manusia Lebih Manusiawi, diantaranya terdapat Antropologi, Filsafat, Psikologi, Sosiologi, Sastra, Kesenian, Teologi, Hukum,  dan Kesusastraan.  Sebab, dari sejak lahir hingga sampai sekarang ini Pun secara tidak sadar kita diajarkan Ilmu ini, misalkan saat kecil kita diajarkan untuk berbicara sopan, bersikap sesuai fitrahnya masing - masing, tak lupa berinteraksi dengan Linkungannya, dari yang disebutkan tadi, kita pun Mengenal Sosiologi. Lalu saat menonton Atraksi Topeng Monyet, Ondel - Ondel yang suka bikin kita takut saat TK, itulah salah satu seni dan Budaya yang terdapat di Indonesia . .
Terutama kepada Mahasiswa,, apapun jurusannya yang meskipun tidak ada kaitannya dengan Humaniora,tapi Secara otomatis ilmu ini turut serta berperan untuk meningkatkan softskill pada diri masing - masing. Misalkan saya mahasiswa teknik Informatika,  karena studi tersebut saya hanya terfokus kepada pelajaran yang hanya terkait dengan bidang studi tersebut, tapi ketika karir sudah berjalan, apakah saya bisa membangun suatu sistem Teknologi Informasi tanpa mengetahui ilmu tersebut? karena pada hakikatnya kita pun harus mengenal masyarakat lebih dulu agar mereka dapat berinteraksi dengan perangkat TI yang semaking canggih ini dengan Optimal.</p>
<p>Lalu contoh lainnya, misalkan karya yang kita buat seperti Software, atau sejenisnya dibajak oleh Pihak tak Bertanggung jawab. Manakah ilmu humaniora yang akan mengatasi hal ini? Tentunya Hukum.  Mengenal lebih jauh pada ilmu ini mencega agar kita tidak menjadi budak Teknologi Informasi, Menjaga Adat dan Istiadat yang telah menjadi Turun-Temurun, hingga Wawasan yang tiada tara Luasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar