Selasa, 06 Desember 2011

Membuat Database Dengan Microsoft Access 2003




1.       Buka Program Ms. Access, Lalu klik new, Kemudian pilih Blank Database untuk membuat database yang baru.  Maka akan muncul dialog untuk menyimpan database baru dengan nama yang sesuai dengan informasi yang akan dibangun serta letakan pada folder directory yang telah disiapkan.

 
2.    Lalu muncul kotak dialog untuk membuat table, queries, form, reports , dsb. Tahap pertama, membuat Table dengan memilih create Table in Design View


3.   Kemudian Buatlah 3 Field bernama, NPM, NAMA, KELAS, dengan tipe data Text. Setelah itu , tentukan NPM sebagai primary key, dan simpan Tabel dengan nama Table1.


 
4.      Lalu buat Table kembali dengan langkah yang sama, buat 3 Field bernama NPM bertipe text, MATA KULIAH bertipe text, dan SKS bertipe number, tentukan NPM sebagai primary key, dan simpan dengan nama Table2.
 
 
5.    Lalu isi field yang telah dibuat dengan memilih Simple Query wizard, Pilih table1, lalu pindahkan semua Field yang terdapat pada Available Fields ke Selected Fields, Lalu klik Next, dan yang terakhir klik Finish. Kemudian Ulangi langkah yang sama untuk mengisi Field dari Tabel2.
 

 6.   Isikan Field – Field yang ada pada Table1 tersebut dengan Record Sebanyak 8, setelah selesai, klik Save. Untuk Table2, dapat memakai  cara yang sama
 

 

 7. Untuk membuat relationship Antara Table1 dengan Table2, pilih menu Create Query in design view. Lalu pilih Table1 dan Table2 dengan Mengkik Add.
 


8.    Tampilkan NPM, NAMA, KELAS yang ada pada Table1, serta MATA KULIAH, dan SKS yang ada di Table2.
 


9.   Langkah Terakhir adalah Membuat Form, dengan memilih Menu Create Form by Using Wizard. Lalu Pindahkan Semua Fields yang terdapat di Available Fields ke Selected Fields, kemudian klik Next 3 kali dan klik Finish.

10. Selesai







Tidak ada komentar:

Posting Komentar