Minggu, 18 Desember 2011

Aikido for first time

Aikido merupakan seni beladiri yang fokus kepada teknik defensif dan kuncian, so, berbeda jauh dengan ilmu beladiri lain , seperti karate, tekwondo, dan pencak silat yang umunya mengandalakan kekuatan fisik. Sebaliknya, aikido membutuhkan Jiwa yang rileks, tidak perlu mengumpulkan segenap tenaga, karena kita hanya memberdayakan energi lawan untuk membalik serangan, aikido tidak membutuhkan banyak energi.

Saya mulai tertarik dengan seni bela diri tersebut sejak di-review di salah satu stasun televisi (2 tahun lalu), namun, saya tak langsung mencarinya. Beberapa bulan kemudian saya googling untuk mencari tempat pelatihan aikido (Dojo) yang dekat dengan rumah, namun didapatkan jarak yang terdekat berada di Kalimalang. Karena lokasinya yang masi terbilang jauh, saya belum memutuskan untuk mendaftar dan mengabaikannya.

Sekarang, setelah saya menyaksikan FTV silat Boy di TransTV, seolah-olah  saya "terprofokasi" dengan cerita di FTV tersebut, dan teringat akan keinginan dulu  yang mengikuti aikido, akhirnya googling lagi (waktu itu hari jum'at), saya mendapatkan tempat yang terdekat berlokasi di pondok kelapa (Galaxy Fitness). Esoknya, saya meluncur ke tempat pelatihan tersebut, sebelum mendaftar, saya melihat dulu proses latihannya, kemudian mendaftar.

Setalah mendaftar, saya masuk ke ruang latihan, dan disambut hangat oleh Senseinya, orangnya ramah, sabar banget ngajarin saya. Latihan pertama kali diawali dengan gerakan pemanasan, sama sekali tidak ditemukan latihan tendangan dan tinjuan seperti karate. Diajarkan teknik jatuh yang aman, melatih lengan agar terlepas dari cengkaraman lawan, pokoknya seru banget.

Esoknya, badan terasa pegal, namun latihan harus dilanjutkan, dimulai dari gerakan 4-arah (Lupa namanya apa). Ba'da subuh langsung cabut ke perumahan blok L, kebetulan disana ada taman yang luas. Setelah latihan, langsung nyalakan komputer, googling lagi tentang aikido, dan akhirnya mendapatkan Informasi Dojo Di bekasi yang terletak di Pondok Hijau  (Ahhhhh . . .kenapa gak kmaren2 sih?! grrrrr), langsung telpon CP nya, saya tanya tentang biaya pendaftaran, jadwal, dll yang berkaitan dengan latihan. Dan beliau menyarankan untuk menghubungi Senseinya langsung untuk informasi latihan, yang tinggal Di Blok L ( Wah ! kebetulan deket banged !, aseek !, barusan kan latihan sendiri di sekitar situ). Setelah saya telpon CPnya, beberapa jam kemudian beliau mengirimkan nomor telpon sensei nya, langsung deh sms, tanya di blok berapa, dan jam berapa ada di rumah, abis sms malah ketiduran

Setelah Bangun, liat HP, akhirnya sensei bales, katanya jam 16.30 ada di rumah, okelah setelah mandi dan solat langsung capcus kesana, untungnya cari rumahnya mudah. Setelah sampai dirumahnya, sensei langsung menyuruh masuk, akhirnya pembicaraan dimulai, beliau menjelaskan teknis latihannya beserta video para2 senior aikido, orangnya asik diajak bicara, gampang nyambungnya.


Dari kisah tersebut, saya ambil kesimpulan untuk berpindah Dojo dari Pondok Kelapa Ke Pondok Hijau (Maaf sensei wim, bukan bermaksud berkhianat nih, gempor juga nih dari bekasi ke pondok kelapa, hehe), dan memulai latihan di bulan Januari 2012 : Awal Transformasi.

1 komentar:

  1. boleh minta info CPnya gak, soalnya saya juga tertarik mau ikuta aikido. makasih ya sebelumnya.

    BalasHapus