Jumat, 11 Oktober 2013

Pengenalan e-commerce

E-commerce adalah jenis industri dimana pembelian dan penjualan produk atau jasa dilakukan melalui sistem elektronik seperti internet dan jaringan komputer lainnya . Electronic commerce mengacu pada teknologi seperti mobile commerce , transfer dana elektronik , manajemen rantai suplai , pemasaran Internet , proses transaksi online , pertukaran data elektronik ( EDI ) , inventarisasi sistem manajemen , dan sistem pengumpulan data otomatis . Perdagangan elektronik modern biasanya menggunakan World Wide Web setidaknya di satu titik dalam hidup - siklus transaksi itu , meskipun mungkin mencakup lebih luas teknologi seperti e -mail , perangkat mobile media sosial , dan telepon juga.Electronic commerce umumnya dianggap sebagai aspek penjualan e-bisnis . Ini juga terdiri dari pertukaran data untuk memfasilitasi pembiayaan dan pembayaran aspek dari transaksi bisnis . Ini adalah cara yang efektif dan efisien untuk berkomunikasi dalam suatu organisasi dan salah satu cara yang paling efektif dan berguna dalam menjalankan bisnis.E -commerce memiliki ruang lingkup, diantaranya :
  •  Electronic Business, yang merupakan perdagangan secara elektronik
  • Electronic Commerce, yang merupakan yang dilakukan secara elektronik yang mencakup perdagangan melalui internet, perdagangan dengan fasilitas web internet, dan perdagangan dengan sistem pertukaran data terstruktur secara elektronik.
  •  
 Selain hal yang telah dibahas diatas, e-commerce mempunyai beberapa jenis, diantaranya :
  • Business to Business (B2B), yang umunya disebut sebagai transaksi antar perusahaan, transaksi tersebut menggunakan EDI dan email untuk pembelian barang dan jasa, informasi dan konsultasi.
  • Business to Consumer (B2C), yang umumnya disebut dengan transaksi pasar, yang dimana konsumen mempelajari produk yang ditawarkan melalui publikasi elektronik, kemudian membeli dengan electronic cash dan sistem pembayaran yang aman, dan meminta agar barang dikirimkan.
  • Consumer 2 Consumer (C2C),
  • Goverment 2 Nation (G2C),
Sebuah contoh dari business-to-consumer e-commerce akan menjadi sebuah toko online seperti Amazon.com. Siapapun dengan akses internet dan kartu kredit dapat mengakses website, isi produk dan jasa, membuat pilihan, dan membeli produk dengan pembayaran kartu kredit dengan jaminan pengiriman surat.

Sebuah contoh dari e-commerce antara individu, atau antara dua konsumen, akan menjadi pasar online seperti eBay.com. Mirip dengan contoh di atas, siapapun dengan akses internet dan kartu kredit atau debit dapat mencari dan membeli produk yang tersedia. Perbedaannya di sini adalah bahwa produk yang dijual oleh penjual individu (konsumen lain) daripada satu toko online yang besar.


Kelebihan e-commerce adalah otomatisasi, yaitu menggantikan proses manual, kemudian integrasi yang meningkatkan efisiensi dan efektifitas proses, selanjutnya publikasi yang memberikan pertukaran data/informasi antar berbagai pihak yang meminimalkan kesalahan manusia, dan yang terakhir transaksi.



Referensi :
http://msherawati.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/21331/Bab+2+-+Ecommerce%5B1%5D.PPT
en.wikipedia.org/wiki/E-commerce
http://www.investinganswers.com/financial-dictionary/businesses-corporations/electronic-commerce-560

Tidak ada komentar:

Posting Komentar