- Electronic Business, yang merupakan perdagangan secara elektronik
- Electronic Commerce, yang merupakan yang dilakukan secara elektronik yang mencakup perdagangan melalui internet, perdagangan dengan fasilitas web internet, dan perdagangan dengan sistem pertukaran data terstruktur secara elektronik.
- Business to Business (B2B), yang umunya disebut sebagai transaksi antar perusahaan, transaksi tersebut menggunakan EDI dan email untuk pembelian barang dan jasa, informasi dan konsultasi.
- Business to Consumer (B2C), yang umumnya disebut dengan transaksi pasar, yang dimana konsumen mempelajari produk yang ditawarkan melalui publikasi elektronik, kemudian membeli dengan electronic cash dan sistem pembayaran yang aman, dan meminta agar barang dikirimkan.
- Consumer 2 Consumer (C2C),
- Goverment 2 Nation (G2C),
Sebuah contoh dari e-commerce antara individu, atau antara dua konsumen, akan menjadi pasar online seperti eBay.com. Mirip dengan contoh di atas, siapapun dengan akses internet dan kartu kredit atau debit dapat mencari dan membeli produk yang tersedia. Perbedaannya di sini adalah bahwa produk yang dijual oleh penjual individu (konsumen lain) daripada satu toko online yang besar.
Kelebihan e-commerce adalah otomatisasi, yaitu menggantikan proses manual, kemudian integrasi yang meningkatkan efisiensi dan efektifitas proses, selanjutnya publikasi yang memberikan pertukaran data/informasi antar berbagai pihak yang meminimalkan kesalahan manusia, dan yang terakhir transaksi.
Referensi :
http://msherawati.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/21331/Bab+2+-+Ecommerce%5B1%5D.PPT
en.wikipedia.org/wiki/E-commerce
http://www.investinganswers.com/financial-dictionary/businesses-corporations/electronic-commerce-560
Tidak ada komentar:
Posting Komentar