Senin, 07 Oktober 2013

Pengenalan E-Business

E-Business merupakan aktivitas bisnis yang menggunakan teknologi web yang telah merevolusi dunia bisnis dengan menghilangkan jarak dan waktu sebagai hambatan profesional. E-bussiness dapat dikelompokkan oleh parak pihak dan arah transaksi bisnis online. Misalkan, seorang konsumen memesan produk dari pengecer online akan dikelompokkan sebagai bisnis untuk transaksi konsumen.

Ada banyak cara untuk mendapatkan keuntungan pribadi dari e-bisnis. Situs seperti eBay memungkinkan pengguna untuk mengatur "etalase" untuk menjual barang-barang mereka. Banyak situs menyediakan layanan yang sama untuk barang-barang khusus seperti Etsy untuk kerajinan dan CafePress untuk kemeja disesuaikan, mug dan barang-barang lainnya. Ini juga dimungkinkan untuk membuat web toko Anda sendiri. Terdapat perbedaan antara bisis tradisional dengan e-business dalam, diantaranya :


Dalam segi pemasaran,  pada bisnis tradisional, pemasar dapat fokus pada semua panca indera manusia untuk mempengaruhi penjualan. Misalnya, mempertahankan tampilan yang tepat membuat produk estetis menarik. Konsumen juga dapat secara fisik menyentuh produk di toko tradisional, ini sangat penting untuk barang-barang yang sensitif secara fisik seperti pakaian. E-business biasanya harus bergantung pada pandangan. Tampilan fisik diganti dengan gambar digital. Ketidakmampuan untuk menyentuh dan menguji produk langsung diganti dengan teks teknis untuk memvisualisasikan rincian produk, pengecer online mungkin juga memiliki kemampuan untuk menyajikan lebih banyak pilihan karena mereka tidak perlu memiliki produk fisik di tangan.

Kemudian dalam  segi keuangan, perbedaan utama antara keuangan e-business dan bisnis tradisional adalah biaya. E-bisnis biasanya memiliki startup yang lebih rendah dan biaya operasional - membeli domain secara online jauh lebih murah daripada menyewa tanah dan bangunan fasilitas dan membeli peralatan.

Sedangkan dalam segi manajemen, e-business biasanya datar dari manajemen tradisional. Sebuah perusahaan datar terjadi ketika ada beberapa tingkatan dalam antara manajemen puncak dan karyawan entry-level. Dalam kebanyakan e-bisnis, manajemen tingkat rendah, seperti manajer toko dan manajer divisi, tidak perlu. Sebaliknya, e-business memperluas secara horizontal dengan mempekerjakan konsultan eksternal dan posisi pengembangan web kontrak. Entitas ini mengkhususkan diri dalam layanan bisnis, seperti e-commerce setup dan pemasaran online. Mereka mungkin bekerja untuk perusahaan tetapi belum tentu termasuk dalam atau dipengaruhi oleh keputusan manajemen.

E-business memiliki beberapa contoh dalam kehidupan sehari-hari, diantaranya :
  •  Online Retailer, yang menggunakan internet sebagai sarana untuk mengiklankan dan menjual barang dagangan fisik dari satu jenis atau yang lain . Contoh pengecer online terkenal termasuk Amazon.com , Newegg.com dan Tigerdirect.com . Pengecer online memungkinkan konsumen untuk memesan barang dagangan dan memiliki barang yang dikirim kepada mereka . Pengecer online memiliki beberapa keunggulan dibandingkan batu bata tradisional dan mortir toko ritel , termasuk kemampuan untuk menjual barang pada setiap saat sepanjang hari , untuk tetap buka pada hari libur dan menjual barang tanpa menimbulkan biaya sewa ruang toko ritel .
  • Layanan Online, yang menghasilkan pendapatan dengan menyediakan konsumen dengan layanan yang berguna daripada menjual barang. Contoh layanan online termasuk Ebay , yang memungkinkan pengguna untuk menjual barang-barang lewat lelang online , PayPal , yang memungkinkan pengguna untuk mengirim dan menerima uang secara online dan Orbitz dan Expedia , yang membantu pengguna dengan membuat pengaturan perjalanan . Beberapa e - bisnis beroperasi dengan menyediakan konten secara berlangganan , misalnya , Neflix menawarkan video online streaming untuk biaya bulanan .
  • Online Advertising, yang merupakan sumber utama pendapatan bagi banyak e - bisnis . Pemilik website dapat mendaftar untuk layanan yang memungkinkan mereka untuk mengirim iklan di situs Web mereka dan mendapatkan penghasilan berdasarkan berapa banyak pengguna melihat atau mengklik iklan . Website yang terutama memberikan informasi dan konten lain seperti video ke pengguna sering mendapatkan penghasilan melalui iklan online. Contoh bisnis yang memperoleh pendapatan melalui iklan online termasuk Google dan Yahoo. 

Referensi : 
http://www.ehow.com/info_8070420_differences-between-ebusiness-traditional-business.html
http://www.ehow.com/about_4739870_what-ebusiness.html
http://smallbusiness.chron.com/examples-ebusinesses-15758.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar